admin Oktober 11, 2017

Sebagai orang tua, kita selalu menginginkan yang terbaik untuk anak. Semua makanan yang bergizi, sayuran terbaik, buah dan susu yang terbaik ingin kita berikan. Kadang lupa, bahwa anak juga seperti kita, ada makanan yang disukai dan yang tidak disukai. Akhirnya anak menolak untuk makan. Sebagai orang tua, kita tidak boleh memaksakan anak untuk makan semua yang kita inginkan. Kita harus sadar bahwa anak juga manusia yang mempunyai rasa kenyang, rasa bosan atas makanan dan rasa tidak suka atas beberapa makanan.

Berikut ini penyebab anak tidak mau makan :

  • Anak tidak pernah merasa benar-benar lapar. Contoh, waktu makan anak terlalu dekat berdekatan dan setelah makan anak diberikan camilan, buah juga susu. Ini dapat membuat anak tidak merasa lapar dan anak akan menolak makanan yang kita berikan.
  • Anak bosan dengan rasa dan tekstur makanan. Semakin bertumbuhnya anak, maka anak akan membutuhkan makanan dengan tekstur yang berbeda sesuai dengan perkembangan sang anak dan dengan rasa makanan yang beragam juga.
  • Terlalu memaksakan anak untuk makan, karena takut anak akan kelaparan dan kurang gizi. Jika kita memaksa anak untuk makan bahkan jika anak menolak sampai menangis, itu akan menjadikan trauma pada anak sehingga saat makan bukan lagi saat yang menyenangkan tetapi membuat anak menjadi takut.
  • Kondisi kesehatan anak yang menurun. Saat anak sedang sakit akan mempengaruhi nafsu makan anak yang membuat anak menolak untuk makan.

Tipsnya untuk anak yang tidak suka menolak makan :

foto:Pixabay

  1. Berhenti memaksakan anak harus menyukai makanan yang dia tidak sukai.
  2. Berikan anak makanan yang lezat dengan variasi menu makanan yang banyak, biarkan anak memilih makanan favoritnya.
  3. Tanyakan apa yang dia mau dan makanan apa yang dia suka.
  4. Menggunakan peralatan makan untuk anak yang menarik.
  5. Jangan batasi anak untuk mencicipi makanan, berikan apa yang kita makan agar anak bisa merasakan rasa yang berbeda-beda.
  6. Berikan makanan dengan porsi yang kecil sesuai kebutuhan makan anak.
  7. Sajikan dengan tampilan yang unik dan menarik, bentuk nasi dengan cetakan karakter yang dia suka atau bentuk yang lucu dan unik.
  8. Makan yang teratur dengan menjadwalkan waktu makan anak supaya anak terbiasa dengan waktu makannya.
  9. Jangan sering-sering memberi minum disaat makan, karena akan membuat anak cepat merasa kenyang.
  10. Jangan berikan gadget atau kebiasaan menonton saat makan.
  11. Berikan suasana makan yang menarik.

(Anya)

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*